28.1 C
Palembang
Sunday, 28 November 2021
spot_img
NewsInternasionalPrajurit TNIAD 141 AYJP Siap Bertugas Misi Perdamian di Lebanon

Prajurit TNIAD 141 AYJP Siap Bertugas Misi Perdamian di Lebanon

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Prajurit TNIAD batalyon Infantri (Yonif) 141 AYJP ditunjuk Kepala Staf Angkatan Darat sebagai main body untuk pelaksanaan tugas perdamaian selama satu tahun di Lebanon.

Terkait dengan itu, Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Mayjend TNI Victor H Simatupang M. Bus melakukan kunjungan kerja ke Markas Yonif) 141 AYJP.

Kedatangan Dan PMPP itu Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi di Batalyon Infantri 141 AYJP Muara Enim, Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa (9/6/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Muara Enim Juarsah, Dandim 0404/ Muara Enim Letkol Inf Syafruddin, Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra, Danrindam II/SWJ Kolonel Inf Iriana Subekti SSos MM, dan sejumlah pejabat dilingkungan TNI lainnya.

Dan PMPP Mayjend Victor mengatakan, Yonif 141 AYJP ditunjuk Kasad Jenderal Andika Perkasa sebagai Main Body dalam Pre Recuitmen mobile team Penyiapan Satgas Yomex TNI Kontingen Garuda XXIII-O Unifil Lebanon periode 2020-2021.

Menurut Mayjend Victor, ditunjuknya 141 YAJP sebagai main body, berdasarkan penilaian Kasad Yonif 141 AYJP merupakan batalyon terbaik tahun ini bersama salah satu batalyon yang ada di Kalimantan.

” Mereka diberi kesempatan bertugas di luar negeri. Yang dari Kalimantan akan berangkat ke Kongo dan 141 AYJP akan berangkat ke Lebanon,” kata Mayjend Victor di Markas Yonif 141 AYJP Karang Raja Muara Enim, Selasa (9/6/2020).

Mereka akan menggantikan satuan yang lama, yakni batalyon dari Makasar yang tak lama lagi akan menyelesaika tugas

”Kami datang kesini untuk meihat fasiltas-fasilitas apa yang tersedia disini dalam rangka pelaksanaan seleksi pada bulan Juli, mendatang.,” ujarnya.

Selaian itu PMPP juga akan berkoordinasi dengan Kodam II SWJ terkait, fasiltas apa yang bisa dimanfaatkan yang ada di daerah. ” Misalnya, Pemda bisa memfasiltasi Laboratorium bahasa maupun komputer untuk kegiatan seleksi nanti,” jelasnya.

Adapun personil yang dipersiapkan pada Pre Recuitmen mobile team Penyiapan Satgas Yomex TNI ini adalah 1700 personil.

Seleksi akan dilaksanakan selama dua minggu. Dan Minggu keempat akan diumumkan hasilnya. Kemudian akan ada Pre Develoment Training (PDP) di Sentul, Bogor selama 30 hari full. tak ada hari libur.

Dijelaskan Mayjend Victor, tidak semua yang lulus berasal dari batalyon ini. Karena satuan ini merupakan satgas gabungan TNI. Ada AD, AL dan AU.

Namun demikian personil terbanyak akan berasal dari batalyon 141 AYJP sebagai Main Body. Sesuai peraturan Panglima TNI, minimal 50 persen personil disini akan berangkat.

Ditegaskan Dan PMPP, personil yang akan berangkat tentu setelah melalui selesai ketat dan sesuai klasifikasi yang telah ditetapkan. Selain fisiknya prima, juga bisa berbahasa Inggris maupun mengoperasikan komputer.

“Mereka akan bertugas selama kurang lebih satu tahun. Dan Perserikatan Bangsa Bansa (PBB) memberika cuti 42 hari, yang bisa diambil 20 hari di awal atau diakhir masa tugas,”

Untuk mengikuti seleksi ini tidak ada pungutan apapun. Karena sudah ditanggung APBN. ” Semuanya transparan. Yang lulus dan berangkat sudah sesuai klasifikasi,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Staf Kodam II Sriwijaya, Brigjend TNI Muhammad Zamroni dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrindam II/SWJ Kolonel Inf Iriana Subekti SSos mengatakan, Ditunjukknya Yonif 141 AYJP sebagai Main Body merupakan suatu kebangaan.

“Manfaatkan kesempatan emas ini, untuk menunjukkan prajurit Kodam II Sriwijaya mampun menjalankan tugas dimana saja,” kata dia.

Dia menekankan agar personlil yang mengikuti seleksi ini memberikan yang terbaik. “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.(AH)

 

 

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru