26.1 C
Palembang
Saturday, 11 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPAMA Ajak Stakeholder Peduli Lingkungan Dengan Tanam Pohon

PAMA Ajak Stakeholder Peduli Lingkungan Dengan Tanam Pohon

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – PT Pama Persada Nusantara Job Site MTBU Tanjung Enim salah satu sub kontraktor perusahaan BUMN di Tanjung Enim. Sejak perusahaan ini beroperasi ikut bersama membangun masyarakat di wilayah sekitar tambang. Melalui kegiatan CSR, perusahaan ini berkontribusi melalui kegiatan sosial, dan membangun kepedulian bidang lingkungan. Salah satunya mendorong dunia pendidikan menjadi sekolah Adiwiyata (sekolah berwawasan lingkungan,red).

Kemarin, perusahaan ini baru saja melakukan gerakan menanam pohon yang di laksanakan di sekolah-sekolah, perkantoran, dan untuk dilingkungan pemukiman masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul. Kegiatan tersebut menggandeng juga DLH Kabupaten Muara Enim ikut serta menanam sekitar 100 batang pohon.

Joko Budi S, Officer CSR PT Pama mengatakan, Pohon adalah makhluk hidup yang memiliki banyak fungsi salah satunya yang dirasakan manfaatnya oleh manusia adalah untuk menyimpan oksigen dan air.

“Penanaman Pohon ini kami lakukan dalam rangka mengajak masyarakat untuk peduli kepada lingkungan sekitar. Pohon yang kita tanam adalah investasi bagi masa depan anak cucu kita,” Joko Budi, CSR Officer PT Pamapersada Nusantara Jobsite Tanjung Enim Distrik MTBU (PT PAMA MTBU), Selasa (22/9/2020).

Penanaman pertama dilakukan di Dusun II Bukit Agung Desa Keban Agung yang merupakan kampung iklim bersertifikat nasional.

DLH Muara Enim yang diwakili Khusnul Muassiroh mengatakan, diharapkan Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul bisa menjadi contoh desa mengenai program Kampung Iklim.

Kepala Desa Keban Agung, Fajrol Bahri, Ketua RT 2, Kadus Bukit Agung, Ibu-ibu PKK, serta kader atau penggerak Proklim Bukit Agung. Penanaman sejumlah 100 batang pohon tanaman khas yang sudah terancam punah.

“Kami harap masyarakat yang ada di Dusun Bukit Agung yang telah melestarikan lingkungan sekitarnya dapat menularkannya ke Dusun sekitarnya,” ucap Khusnul.

Sedangkan, Kades Keban Agung, Fajrul Bahri mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini melibatkan PKK, Karang Taruna, BPD, dan masyarakat. Kemudian tanaman tersebut yakni Duku, Rambe, Kecapi, Manggis, Asem Kumbang, Delima, Kweni, Cempedak, Sirsak, dan Srikaya.

Sementara itu, penanaman kedua dilakukan dilakukan di Desa Tegal Rejo RT 14 Kecamatan Lawang Kidul yang diikuti oleh masyarakat RT 14 Desa Tegal Rejo dan lima sekolah dasar yakni SD 01, SD 06, SD 12, SD 17, dan SD 26 Lawang Kidul.

Kepala SDN 17 Lawang Kidul, Sri Ida Karyana SPd menjelaskan, penanaman sejumlah 50 batang pohon buah-buahan seperti mangga, jambu, sawo, kedondong, rambutan, dan matoa.

“Terima kasih kepada PT PAMA yang telah mengajak dan mendampingi kami, guru dan murid dalam penanaman pohon ini,” Ujar Sri Ida Karyana, Kepala Sekolah SDN 17 Lawang Kidul.(RD)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru