27.1 C
Palembang
Friday, 17 May 2024
spot_img
spot_img
EditorialTP PKK Muara Enim Sukses Ikuti Festival Rempah Sumsel

TP PKK Muara Enim Sukses Ikuti Festival Rempah Sumsel

Baca juga

POJOKSUMSEL – Selain kaya akan sumber daya mineral, batubara dan pertanian, ternyata di sektor perkebunan Kabupaten Muara Enim juga menyimpan kekayaan rempah yang belum banyak dikenal orang, yaitu teh bunga rosela dan minyak serai wangi.

Untuk itu pada Festival Rempah Sumatera Selatan 2020 yang digelar di Halaman Griya Agung Palembang (Sabtu-Minggu). Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muara Enim yang diketuai oleh Dra Hj Nurhilyah Juarsah mengangkat kedua produk rempah khas Kabupaten Muara Enim tersebut untuk ditampilkan. Selain itu, rempah lain seperti vanili, lada, kayu manis, daun seledri, tampil pada acara tersebut. Serta produk hasil pembinaan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) asal Kecamatan Rambang NIRU. Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Gubernur H. Herman Deru dan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj Febrita Lustia Deru pun nampak antusias mencoba teh rosela dan minyak serai wangi dari produk kemasan rumah tangga binaan TP PKK Kecamatan Lawang Kidul.

Pada festival yang diikuti oleh 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan. Gubernur dan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan menyempatkan diri mengunjungi tenda pameran Kabupaten Muara Enim yang diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Nurhilyah didampingi Sekretaris Alami, dan Plh Sekretaris Daerah, Amrullah Jamaluddin, SE Ken Arief.

Seusai meninjau dan mencicipi produk yang dipamerkan, Gubernur menerangkan bahwa teh rosela dan minyak serai wangi dari Kabupaten Muara Enim ini memiliki kekhasan yang jarang sekali muncul dipasaran sehingga peluang usahanya sangat menjanjikan.

Dirinya yakin jika dikemas dan dipasarkan dengan tepat, maka kedua produk rempah khas Muara Enim ini akan menjadi ikon dan primadona baru produk rempah unggulan Sumatera Selatan.

Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH didampingi Plh Sekda Amrullah Jamaluddin, SE Ken Arief juga mengharapkan agar potensi rempah unggulan Kabupaten Muara Enim dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Tidak hanya petani tapi juga bermunculan industri olahan rumah tangga,”kata Amrullah.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim menyampaikan bahwa pada festival ini TP PKK Kabupaten Muara Enim berhasil mendapatkan prestasi dari TP PKK Sumatera Selatan tahun 2020.

“Penghargaan sebagai Juara 2 Program Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja, Juara Harapan 2 Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Lomba IVA tes deteksi dini penyakit rahim tingkat Provinsi Sumatera Selatan,”terang Nurhilyah Juarsah.(ADV/Totok)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru