33.1 C
Palembang
Wednesday, 29 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSMKN 1 Tanjung Agung Gelar Pameran Inovasi

SMKN 1 Tanjung Agung Gelar Pameran Inovasi

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Dalam rangka menggali potensi siswa dan ajang silahturahmi antar SMK di Kabupaten Muara Enim. SMK Negeri 1 Tanjung Agung menggelar pameran karya inovasi di halaman sekolah, Kamis (18/3/2021). Acara yang dibuka oleh Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Modyaboni SE SKom itu diikuti 6 sekolah negeri dan swasta.

Kegiatan di hadiri, Tripika Kecamatan Tanjung Agung, Kepala Dinas Pendidikan Muara Enim diwakili Sekretaris Drs H Winarto MM, Ketua MKKS SMK Misniati, Ketua MKKS SMA Nurman, Kepala SMK dan SMA di Kabupaten Muara Enim. Sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, kegiatan digelar menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakan Modyaboni, bahwa pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) melalui gubernur H Herman Deru mendukung produk-produk inovasi SMK masuk pasar. Untuk itu, dia memotivasi sekolah-sekolah di daerah untuk tidak takut melakukan inovasi menciptakan produk UMKM yang bisa di pasarkan secara luas.

“Pandemi ini menjadi tantangan kita SMK saat belajar daring untuk terus berinovasi. Memang menjadi kendala pembelajaran daring ini, namun kita atur jadwal pertemuan agar anak tetap belajar dengan protokol kesehatan Covid-19,”ungkap Boni.

Menurutnya, Gubernur H Herman Deru mengapresiasi tumbuhnya inovasi produk UMKM kalangan pelajar SMK di Sumsel. Pemprove berencana akan membangunkan pusat oleh-oleh yang menampung produk unggulan dari SMK di daerah-daerah untuk di pasarkan secara luas.

“Untuk tempat oleh-olehnya nanti di Palembang, dan kapan akan dibangun masih menunggu dari Gubernur, insaaaloh tahun ini,”ungkap Boni lagi.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Agung, Bambang Gusviantara SPd MM mengatakan, dengan adanya pameran inovasi ini diharapkan produk yang dihasilkan warga SMK di Kabupaten Muara Enim dapat tampil ditingkat Sumsel hingga nasional.

“Selain silahturahmi, kami ingin menggali potensi SMK khususnya karya inovasinya yang selama ini tidak menonjol, namun melalui kegiatan ini dapat ditonjolkan. Kami bersyukur partisipasi dari sekolah lain yang hadir memeriahkan kegiatan ini,”kata Bambang.

Sementara itu, pantauan media ini, pameran diisi dengan inovasi produk olahan makanan seperti krupuk, kripik, cake, minuman tradisional, kopi, sirup, dan lainnya. Kemudian acecoris fashion, produk percetakan, dan produk inovasi teknologi informasi. Peserta Inovasi yakni SMKN 1 Tanjung Agung SMK N 1 Belimbing, SMKN 1 Semende Darat Laut, SMK Mutiara Tanjung Enim, SMK Bukit Asam, dan SMK Proklamasi Muara Enim.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru