34.1 C
Palembang
Friday, 12 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPerpustakaan Desa Pandan Enim Siap Melaju Ke Tingkat Nasional

Perpustakaan Desa Pandan Enim Siap Melaju Ke Tingkat Nasional

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Prestasi perpustakaan Desa Pandan Enim Kecamatan Tanjung Agung patut menjadi contoh bagi perpustakaan desa di Kabupaten Muara Enim lainnya, pasalnya perpustakaan tersebut telah meraih prestasi sebagai juara pertama lomba Perpustakaan Desa/kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan lolos melaju mengikuti lomba tingkat nasional tahun 2021.
Apresiasi dan support langsung di sampaikan Penjabat bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) sehingga patut di contoh oleh desa-desa yang ada di Bumi Serasan Sekundang. Disampaikan bupati pada saat pertemuan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bersama para pemenang lomba perpustakaan tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 di ruang kerja bupat Muara Enim, Senin (5/7/2021)

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk senantiasa memberdayakan keberadaan perpustakaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sesuai dengan semboyan buku adalah jendela dunia,”terang HNU.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta SH, melalui Kabid Pengembangan Perpustakaan, Rosmalena SE menerangkan, pihaknya melaporkan hasil kegiatan lomba perpustakaan tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kepada bupati Muara Enim. Bahwa Kabupaten Muara Enim meraih 5 piala penghargaan dari hasil lomba yang di gelar tahun ini.
Rosmalena menjelaskan, adapun pemenang lomba perpustakaan tingkat desa, yakni Desa Pandan Enim Kecamatan Tanjung Agung yang akan mewakili ke tingkat nasional. Desa Kayu Ara Kecamatan Gunung Megang masuk juara harapan satu. Kemudian, pemenang lomba perpustakaan tingkat sekolah SMA, dan SMK yakni SMA Negeri 1 Gelumbang meraih juara dua, lalu SMK Negeri 2 Muara Enim meraih juara harapan dua. Serta lomba bertutur tingkat SD meraih juara 3 yang diikuti pelajar dari SD Negeri 13 Kecamatan Lawang Kidul yakni Nyimas Qaireen.

“Untuk Perpustakaan Desa Pandan Enim melaju ke tingkat nasional. Akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan,”ujar Rosmalena.

Salah satu sudut Perpustakaan Pandan Enim
Salah satu sudut Perpustakaan Pandan Enim

Sementara itu, Kades Pandan Enim, Dedi Prengki saat di hubungi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemkab Muara Enim, support dan segala arahan yang luar biasa menambah pengetahuan dan wawasan pengelolaan perpustakaan desa untuk melangkah menuju lebih baik.

“Alhamdulilah, kami patut bersyukur atas segala yang telah di raih. Keberhasilan ini tentu atas dikungan dari semua pihak, Pemerintah dan masyarakat. Untuk itu kami mohon suportnya lagi untuk membawa Kabupaten Muara Enim berprestasi di tingkat nasional melalui lomba perpustakaan,”ungkap Dedi.

Menurutnya, salah satu yang menjadi keunggulan perpustakaan ‘AYO BACA’ Desa Pandan Enim yakni adanya tiga pondok baca yang di bangun di sekitar Perpustakaan untuk memberikan fasilitas warga membaca buku. Kemudian, dengan suasana lokasi perpustakaan yang sejuk, asri, dan nyaman itu membuat para pengunjung betah berlama-lama berada di lokasi. Kedepan, perpustakaan akan di lengkapi dengan fasilitas jaringan internet sebagai sarana belajar warga, dan interaksi sosial warga Desa Pandan Enim.

“Penataan kembali perpustakaan desa akan kami lakukan untuk menghadapi lomba tingkat nasional. Untuk melengkapi fasilitas, kami perlu dukungan pemerintah dan instansi terkait. Selama ini inovasi yang sudah kami lakukan yakni, mengadakan kursus komputer gratis di perpustakaan untuk anak SD, SMP, SMA dan umum. Alhamdulillah peminatnya banyak terutama anak SD dan SMP. Tim pengajarnya pengelola perpustkaan, Perangkat Desa dan di bantu juga oleh Ibu PKK. Dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan Teknologi anak2 di Desa kami supaya tidak gaptek. Supaya anak-anak dan masyarakat desa kami berwawasan luas ” pungkas Dedi. (res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru