22.9 C
Palembang
Sunday, 8 September 2024
spot_img
spot_img
NewsBisnisKopi Semendo Jadi Primadona Ajang Sriwijaya Expo 2021

Kopi Semendo Jadi Primadona Ajang Sriwijaya Expo 2021

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PALEMBANG,POJOKSUMSEL – Salah satu produk unggulan Muara Enim, Kopi Semendo gencar di promosikan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim salah satunya di libatkan pada even Sriwijaya Expo 2021 di Gedung Dinning Hall Jakabaring Palembang pada 2-5 Juli 2021. Selain produk kopi, di ikutkan pula produk kerjinan busana batik, dan beragam jenis olahan makanan dari seluruh desa dalam Kabupaten Muara Enim.

Kopi semendo mampu menarik perhatian pengunjung untuk mencoba merasakan citra rasa kopi asli maupun di mix dengan susu dan cremer. Untuk ajang promosi, maka kopi yang sudah diseduh oleh para barista binaan Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim dibagikan secara gratis. Namun tidak sedikit pengunjung kemudian berminat membeli produk kopi Semende yang sudah dikemas dengan ukuran 250 gram hingga 1 kilogram.

Lia Anggraini (baju biru) ketika berasda di Stan Kab. Muara Enim
Lia Anggraini (baju biru) ketika berasda di Stan Kab. Muara Enim

Suratin (55), salah satu petani Kopi Semendo ikut pada acara Sriwijaya Expo itu mengatakan, pada hari pertama di buka hingga hari terakhir stan Kabupaten Muara Enim paling ramai di kunjungi. Salah satu yang menarik adalah minum kopi Semendo gratis, setelah itu yang berminat lalu membeli bubuk kopi kemasan ukuran 250 gram, dan produk lainnya seperti batik, dan oleh-oleh makanan ringan yang ada di stan Muara Enim.

“Tidak hanya masyarakat umum yang datang. Tapi pejabat pemda daerah lain, anggota DPRD, hingga istri bupati datang untuk mencoba kopi Semendo. Saya menyiapkan 25 kilogram kopi siap seduh di acara Sriwijaya Expo 2021 ini,”ungkap Suratin, Selasa (6/7/2021).

Dikatakan Suratin, dirinya ikut promosi di Sriwijaya Expo 2021 ini di ajak oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim yang selama ini telah memberikan pembinaan para petani kopi di wilayah Semendo Raya. Ia selaku petani kopi Semendo patut bangga bisa ikut mempromosikan Kabupaten Muara Enim melalui potensi produk kopi Semendo di tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan tingkat Nasional.

“Ketika mendapatkan tawaran untuk ikut pameran, saya langsung bersedia, dan semangat sekali,”kata Suratin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim, Drs Holika, melalui Kabid Pengolahan, dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Ir Yuvitawati mengatakan, pihaknya ingin membantu para petani Kopi di Semendo dalam hal promosi dan pemasaran melalui kegiatan Sriwijaya Expo ini. Tentunya juga, berkolaborasi dengan dinas lainnya untuk mensukseskan acara ini. Dalam kegiatannya, dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim mendorong para petni Kopi Semendo bisa maju, sehingga hasil pertanian bisa di kirim sampai ke luar negeri.

“Selama ini kami membantu petani kopi di Semendo tidak hanya untuk meningkatkan kualitas, akan tetapi kuantitas dan pemasaran juga kami memberikan akses, dan fasilitas. Salah satunya dengan mengikuti ajang Sriwijaya Expo di Palembang. Artinya dengan adanya kegiatan ini kami mempertemukan antara penjual kopi dan pembeli, sehingga harapan kami kopi semendo bisa dijual untuk ekspor,”kata Vivi.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru