26.7 C
Palembang
Minggu, 1 Agustus 2021
spot_img
NewsBisnisMahasiswa AKIPBA Selesaikan Trinning Pengoperasian Alat Tambang

Mahasiswa AKIPBA Selesaikan Trinning Pengoperasian Alat Tambang

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL– Mahasiswa Akademi Kominitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) Tanjung Enim baru saja menyelesaikan kegiatan trinning mengoperasionalkan peralatan tambang Wheelloader dan Forklift yang di fasilitasi pihak kampus bekerjasama dengan Pabrik Briket milik PT Bukit Asam Tbk. Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 14 hari itu diikuti 22 peserta, dan semuanya lulus mendapatkan sertifikat.

Mahasiswa AKIPBA Praktek operasikan alat berat tambang
Mahasiswa AKIPBA Praktek operasikan alat berat tambang

Direktur AKIPBA, Dra Hj Nurbaiti MM, melalui Dosen Pendamping Sarmidi MPd.T menjelaskan, pengusaan alat berat tambang sangat diutamakan bagi mahasiswa AKIPBA jurusan Teknik Pengoperasian Alat Tambang untuk menunjang karir setelah lulus kuliah nanti. Khususnya alat berat standar yang digunakan pertambangan di lingkungan PT Bukit Asam Wheel Loader Komatsu WA200-5 dan Forklift Nissan 30 kerjasama dengan pihak Pabrik Briket Bukit Asam.

“Praktek lapangan di laksanakan pada 24 Mei hingga 11 Juni 2021 lalu, atau sekitar tiga minggu. Semua peserta dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat,”ujar Sarmidi, Rabu (14/7/2021)

Dijelaskan, kegiatan Pelatihan/Praktik Teknik Pengoperasian ini diawali dengan pengenalan terhadap unit Wheel Loader WA200 dan Forklift Nissan 30 terlebih dahulu lalu mahasiswa melaksanakan pelatihan cara pengoperasian Wheel Loader dan Forklift selama kurang lebih 2 minggu. Selanjutnya pada pengujung minggu tepatnya di hari jumat mahasiswa melaksanakan ujian/tes untuk mendapatkan sertifikat. Penilaian Tes tersebut terbagi 3, yaitu : Presentasi, Teknik Pengoperasian Wheel Loader Komatsu WA200-5, Teknik Pengoperasian Forklift Nissan 30. Setelah dinyatakan lulus mahasiswa baru mendapatkan sertifikat tersebut. Pada tanggal 14 Juli 2021, Seluruh mahasiswa prodi PAT menerima sertifikat yg diserahkan langsung oleh pimpinan briket yakni Pak Erwin.

“Tentunya kegiatan ini sukses berkat dukungan dan motivasi dari berbagai pihak, antara lain instruktur lapangan Pak Prio Utomo, pimpinan satker Pak Erwin, pihak Pabrik Briket, dan PT Bukit Asam. Kami ucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini untuk kemajuan AKIPBA Tanjung Enim,”pungkasnya.(res)

spot_img
spot_img

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Artikel Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img