26.1 C
Palembang
Thursday, 25 April 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalGadis Asal Riau Ini Menjadi Mahasiswi Termuda di Unpad, Simak Kisahnya

Gadis Asal Riau Ini Menjadi Mahasiswi Termuda di Unpad, Simak Kisahnya

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

Jakarta, Pojoksumsel.com – Salwa Naya Syakirah yang biasa dipanggil Salwa, gadis kelahiran Riau 15 Januari 2005 ini menjadi mahasiswa baru termuda di Universitas Padjajaran atau Unpad. Salwa adalah mahasiswa baru unpad tahun ini 2021/2022 sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unpad melalui jalur SNMPTN. Salwa saat ini berusia 16 tahun 7 bulan.

“Perasaannya tidak menyangka bisa diterima di Unpad. Saya senang sekali,” ujar Salwa yang dilansir dari laman Unpad, Selasa (24/8/2021), seperti dikutip dari detik.com

Salwa diketahui memulai sekolah dasar pada usia 5,5 tahun. Sedangkan saat di SD maupun SMP pendidikannya dapat diselesaikan dengan normal yaitu 6 tahun dan 3 tahun.

Ketika menempuh studi di MAN 2 Pekanbaru, Salwa mengikuti program akselerasi sejak dibangku kelas X dan dapat menamatkan studinya dengan waktu 2 tahun.

Kelas akselerasi diperuntukkan bagi siswa yang dapat menguasai materi dan diperbolehkan untuk menyelesaikan studi lebih cepat.

“Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya,” tutur Salwa.

Di era pandemi Covid-19 ini Salwa diharuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dan secara daring. Hampir separuh waktu bersekolahnya dilakukan secara daring. Meski sempat mengalami kendala saat belajar daring, ia mengaku sekarang bisa fokus untuk melakukan pembelajaran daring.

Salwa menjatuhkan pilihannya pada Unpad. Hal tersebut dikarenakan karena dirinya ingin berkuliah di Jawa Barat dan Unpad merupakan perguruan tinggi dengan reputasi akademik yang bagus dan terkenal di Indonesia.

“Saya melihat Unpad termasuk universitas yang bagus, terkenal, dan cukup susah buat orang untuk masuk ke Unpad,” ujar Salwa.

Selain itu ia juga memilih FH Unpad. Hal tersebut dikarenakan Unpad termasuk lima kampus terbaik di Indonesia. Ia juga memilih hukum bukan tanpa sebab, sejak sekolah Salwa sudah menyukai pelajaran sosio humaniora.

Ia juga menilai menjadi lulusan hukum memiliki prospek karier yang bagus. Salah satu karier impian yang ingin diraihnya adalah bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan.

“Passion saya seputar isu HAM yang terjadi di sekitar,” ujar Salwa.

Salwa sendiri berencana menamatkan studinya di FH Unpad dalam kurun waktu 3,5 tahun.

“Inginnya lulus 3,5 tahun. Dan kalau bisa lulus dengan nilai memuaskan,” ujar Salwa. (ah/det/*)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru