30.1 C
Palembang
Wednesday, 17 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSMKN 2 Muara Enim Tingkatkan Kompetensi Melalui Sertifikasi Profesi

SMKN 2 Muara Enim Tingkatkan Kompetensi Melalui Sertifikasi Profesi

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARAENIM, POJOKSUMSEL – Untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan industri, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Muara Enim (UPT SMKN 3 Muara Enim) melakukan re-lisensi dan penambahan ruang lingkup Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1.

Kegiatan perpanjangan lisensi dan penyaksian PRL serta penambahan ruang lingkup di LSP SMKN 2 Muara Enim ini dilakukan oleh master assesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diketuai oleh Prasetyo dan Sabar Moratua, didampingi Kasi Kurikulum SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Awaluddin, Minggu (5/9/2021).

Kasi Kurikulum SMK Disdik Sumsel Awaluddin mengatakan, pihaknya mendukung penuh lisensi LSP P1 SMKN 2 Muara Enim. Pihaknya juga telah menyiapkan program untuk mensupport keberadaan LSP di sekolah.

“Saya tahu persis dan memahami pentingnya LSP ini. Kita juga telah menganggendakan program, termasuk melakukan pelatihan assesor, yang memegang peranan penting pada LSP,” tukasnya.

Sementara Kepala SMKN 2 Muara Enim Ahmad Jon Areli mengatakan, perpanjangan lisensi dilakukan untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), sementara penambahan ruang lingkup terhadap empat jurusan lain yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Tata Boga, Tata Busana dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dijelaskan Jon Areli, kegiatan penyaksian atau witness ini, asesor BNSP akan menilai SOP LSP telah terlaksana termasuk, prosesur untuk melakukan uji kompetensi.

“Jika dinilai layak, maka melalui rapat pleno di BNSP memutuskan untuk diterbitkan sertifikasi lisensi LSP P1 di SMKN 2 Muara Enim,” ujarnya.

Dengan terbitnya lisensi ini, terang Jon, artinya LSP P1 SMKN 2 Muara Enim telah sah berdiri dan melakukan aktifitas uji kompetensi kepada peserta didik.

Tak hanya peserta didik di SMKN 2 Muara Enim saja yang bisa melakukan sertifikasi di LSP P1 Muara Enim, Jon mengatakan peserta didik di sekolah lain juga bisa mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi profesi di LSP P1.

Namun kata Jon, sekolah tersebut harus diterbitkan SK jejaring oleh Dinas Pendidikan.

Dirinya berharap setelah kegiatan hari ini, BNSP dapat menerbitkan lisensi bagi LSP P1 SMKN 2 Muara Enim sehingga bisa dioperasikan.

“Dengan demikian, peserta didik yang diuji dan dinyatakan kompeten akan memiliki sertifikat kompetensi yang sangat berguna untuk membantu karir mereka di dunia kerja,” pungkasnya.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru