25.3 C
Palembang
Sunday, 28 November 2021
spot_img
NewsBisnisBSB Muara Enim Dukung Kemajuan UMKM Batik

BSB Muara Enim Dukung Kemajuan UMKM Batik

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Dalam rangka mengurangi dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian, pemerintah menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Muara Eim mendukung sukses PEN dengan mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk kemajuan UMKM yang ada di sekitar wilayah operasionalnya.

Salah satunya mendukung kemajuan Rumah Batik Serasan (RBS) yang berlokasi di Jalan Sulatan Mahmud Badarudin II Kecamatan Muara Enim. Selain membantu memperluas pemasaran, BSB Cabang Muara Enim juga membantu kemajuan UMKM batik khas Muara Enim tersebut.

“Kami sangat mendukung kemajuan UMKM, khususnya batik yang tengah berkembang sekarang ini, salah satunya melalui pinjaman KUR, dan membantu pemasaran,”terang Benny Maryanto atau Akrab di sapa Pak Bento saat berkunjung di Rumah Batik Serasan beberapa waktu lalu.

Untuk program KUR ini, lanjut Bento, pada tahun 2020 BSB Muara Enim telah menyalurkan kredit 17,8 milyar. Meliputi bidang usaha perdagangan, pertanian, perkebunan, serta bidang jasa. Dengan jumlah 347 pelaku usaha binaan Bank Sumsel Babel cabang Muara Enim.

“Kami akan terus bantu UMKM melalui kredit KUR ini. Tahun 2021 ini target kredit yang akan kami salurkan sebesar 33,7 milyar rupiah. Silahkan pelaku usaha bisa menghubungi kantor cabang BSB yang ada,”ujarnya.

Imbuhnya, untuk mendapatkan program KUR BSB, masyarakat wajib memiliki usaha, dan sudah berjalan minimal 1 tahun. Kemudian melengkapi syarat administrasi, antara lain Surat Keterangan Usaha, KTP, KK, Surat Nikah, NPWP, pas Foto, serta copy agunan+PBB+IMB. Untuk syarat agunan ini khusus kredit dengan plafond diatas 50 juta.

Sementara itu, Pemimpin UMKM Batik RBS, Totok Adi Hermanto ST MM menyampaikan, panemi Covid-19 sekarang ini sangat berdampak pada kemajuan UMKM yang ada di daerah, oleh karena itu dukungan dari pemerintah daerah, perusahaan, dan perbankan sangat membantu membangkitkan UMKM yang mengalami kesulitan berkembang. Seperti yang dilakukan oleh Bank Sumsel Babel Cabang Muara Enim ini memberikan motivasi kepada UMKM untuk bangkit memajukan para pelaku usaha yang ada di sekitarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bank Sumsel Babel yang telah memberikan perhatian untuk kemajuan UMKM sekitarnya, baik itu melalui pinjaman KUR, maupun membantu dalam hal memperluas pemasaran. Sehingga para pelaku UMKM di daerah bisa berkembang, dan memperluas lapangan pekerjaan untuk masyarakat,”terang Totok.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru