26.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimMasjid Agung Muara Enim Menggelar Lomba Azan Anak dan Remaja

Masjid Agung Muara Enim Menggelar Lomba Azan Anak dan Remaja

Baca juga

PojokSumsel.com – Untuk menyemarakkan peringatan Nuzulul Qur’an 1443 Hijriah,  pengurus yayasan dan Ikatan Remaja Masjid Agung (IRMA) Masjid Agung Muara Enim mengadakan lomba azan kategori anak dan remaja. Acara ini digelar di Masjid Agung Muara Enim usai menunaikan salat isya dan tarawih pada Sabtu, (16/04).

Pengurus harian Masjid Agung Muara Enim, Ustaz KMS Ahmad Malian, S.H. mengatakan, giat lomba azan ini diikuti oleh anak-anak dan para remaja sebanyak 40 peserta dari umur 8 tahun hingga 16 tahun. Peserta berasal dari lingkungan warga di lingkup Kemayoran maupun dari desa dan kelurahan yang ada di Kota Muara Enim.

Masih disampaikan oleh Ustaz Malian, bahwa hasil kegiatan lomba azan ini merupakan penilaian tiga orang dewan juri, baik dari pengurus Masjid Agung Muara Enim serta juri dari pengurus Pondok Pesantrren Assa’adah Muara Enim, Ustaz Hartawan, S.Pd.I.

Menurut Ustaz Hartawan, kategori penilaian lomba azan ini selain dari penampilan fisik yang mencakup pemilihan kostum busana yang dikenakan, kerapian dan kebersihan diri juga menilai berdasarkan kemampuan olah napas, lantunan lafal azan yang baik dan benar serta mental dan keberanian untuk tampil di depan orang banyak.

Humas Masjid Agung Muara Enim Fredy S, S.H. mewakili Ketua Masjid Agung Muara Enim, Ir. H. Mubri Ahmad, M.Si. menyampaikan, bahwa lomba azan ini bukan untuk mencari pemenang atau yang terbaik, akan tetapi bertujuan untuk melatih anak-anak dan remaja untuk bisa azan dengan baik dan benar, selalu dekat dengan lingkungan masjid baik melakukan salat berjamaah maupun mengikuti kegiatan keagamaan serta kegiatan positif lainnya. “Harapan kami anak-anak dan para remaja ini terhindar dari narkoba, pergaulan bebas dan tindak kriminal yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain,” terang Fredy S.

Ia menambahkan, pengurus yayasan Masjid Agung Muara Enim telah menyediakan banguan untuk anak-anak belajar mengaji (TPA) dan aktivitas kegiatan keagamaan lainnya, seperti latihan terbangan dan marawis serta latihan azan dan bilal jumatan dengan harapan tempat tersebut nantinya menjadi pusat kegiatan anak-anak dan remaja di sekitar Masjid Agung Muara Enim untuk mengembangkan minat dan talentanya baik belajar puisi, musikal, teater, pentas seni dan budaya serta kegiatan positif dan bermanfaat lainnya khususnya di bidang keagamaan.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru