27.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimDukung Ketahanan Pangan, Pj. Bupati Muara Enim Tanam Jagung Perdana

Dukung Ketahanan Pangan, Pj. Bupati Muara Enim Tanam Jagung Perdana

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Guna menggalakkan dukungan serta mengintegrasikan penguatan Ketahanan Pangan Nasional serta program “Sumsel Mandiri Pangan”, Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim, Kurniawan, A.P., M.Si. melaksanakan penanaman jagung rakyat berpola kemitraan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan peternakan Kabupaten Muara Enim yang diinisiasi Kodim 0404 Muara Enim di Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Tanjung Agung, Selasa (12/07).

Pj. Bupati Muara Enim yang didampingi Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Arh. Rimba Anwar, S.I.P., M.I.P. mengatakan penanaman jagung perdana dilaksanakan dalam rangka pembinaan ketahanan pangan bertujuan mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

“Hal ini seiring dengan program Gubernur Sumatera Selatan yang mencanangkan ‘Sumsel Mandiri Pangan’ khususnya pengembangan komoditas jagung seluas 200.000 hektar di Provinsi Sumatera Selatan’ dan ‘Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate Lumbung Pangan Provinsi Sumatera Selatan,” ujar Kurniawan.

Dirinya mengungkapkan program ini juga merupakan wujud kerja sama, sinergitas dan dukungan lintas sektoral. Untuk itu, Pj. Bupati Muara Enim meminta kegiatan ini menginisiasi pengembangan tanam jagung di Kabupaten Muara Enim yang menargetkan 6.223 ton pipilan kering dalam tahun ini dengan sasaran luas panen 1.440 hektar dan produksi rata-rata 43,2 kwintal perhektar.

Kurniawan juga berharap seluruh pemangku kepentingan, khususnya instansi terkait dan perusahaan yang ada agar berperan aktif dalam mendukung terciptanya akses pasar bagi komoditas jagung beserta prasarananya.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru