26.1 C
Palembang
Tuesday, 16 April 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalIni Cara untuk Mendapatkan Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022

Ini Cara untuk Mendapatkan Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 yang terdiri dari tujuh pecahan mulai dari Rp1.000 hingga Rp100 ribu. Menurut BI, terdapat tiga aspek inovasi penguatan uang tahun emisi 2022, yakni desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan uang yang lebih baik.

“Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan,” terang BI lewat laman resminya, Kamis (18/08) dilansir dari cnnindonesia.com.

Lalu, dimana masyarakat bisa menukar uang baru rupiah?

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, mengatakan masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah pecahan edisi 2022 baru bisa melalui BI, maksimal Rp1 juta dengan berbagai nominal pecahan.

Caranya dengan daftar di aplikasi Pintar dan langsung menukar ke gedung BI. “Saat ini penukaran di BI saja (sementara ini), maksimal penukaran Rp1 juta. Ini bisa dilakukan di aplikasi pintar atau datang langsung ke BI,” ujarnya dalam media briefing, Kamis (18/08).

Sementara itu, untuk penukaran di perbankan bisa mulai dilakukan Jumat (19/08). Karena BI mulai menyalurkan secara merata ke perbankan di Tanah Air mulai hari ini, setelah diluncurkan secara resmi.

Meski demikian, stok yang dimiliki perbankan masih terbatas, karena baru mulai dikirim hari ini. Sebab, ini adalah tahap awal untuk pengenalan ke masyarakat. “Di perbankan bisa sesuai ketersediaan mereka, apakah satu pak atau dua pak,” terang dia.

Selanjutnya, penukaran uang emisi baru bisa dilakukan pada akhir pekan ini kepada BI. Sama dengan di perbankan, namun tanpa batasan. “Kalau nggak sabar, Jumat, Sabtu dan Minggu bisa datang ke GBK Hall Basket Indoor. BI akan hadir disana dan masyarakat bisa menukarkan uang di sana,” pungkasnya.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru