26.1 C
Palembang
Friday, 21 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPercepatan Pemberantasan Kemiskinan, PJ Sekda Buka Rakor TKPK 2022

Percepatan Pemberantasan Kemiskinan, PJ Sekda Buka Rakor TKPK 2022

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Dalam upaya percepatan pemberantasan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim, Pejabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Muara Enim H Riswandar membuka rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Rakor TKPK) Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 pada Selasa pagi (29/11) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda Muara Enim.

Dalam sambutannya, Pj Sekda mengatakan bahwa upaya pengentasan kemiskinan sesungguhnya telah banyak dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, seperti halnya di Kabupate Muara Enim sendiri dirinya menegaskan bahwa masalah kemiskinan ini sendiri merupakan tanggung jawab bersama seluruh perangkat daerah maupun para perusahaan-perusahaan yang ruang lingkup kerjanya berdomisili di Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, Kabupaten Muara Enim melalui Bappeda telah membuat Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim tahun 2018 – 2023 yang sempat mengalami perubahan dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama kurang lebih 2 Tahun belakangan ini, adapun diantaranya RPJMD ini berisikan rancangan pembangunan daerah yang erat kaitanya akan penuntasan masalah kemiskinan di Kabupaten Muara Enim.

Pj Sekda berharap dengan peran strategis TKPK pengentasan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim berjalan lancar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penanggulangan kemiskinan.

Selain itu, kepada Perangkat Daerah terkait mampu membuat program – program pemberdayaan yang terpadu dan program – program tersebut harus tepat sasaran sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat miskin, terutama dengan layanan dasar dan pemberdayaan ekonomi.

“Semoga dengan Rakor TKPK ini bisa mengoptimalkan kinerja TKPK dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Sementara itu,Kepala Bappeda Muara Enim Ir Mat Kasrun selaku Sekretaris TKPK Kabupaten Muara Enim, menyampaikan bahwa Naraumber kegiatan tersebut diantaranya Toton Dartono, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinana (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden RI dan Roy Ubaya Ahli pengembangam Masyarakat PTBA.

Ia menambahkan Rakor TKPK Kabupaten Muara Enim bertujuan untuk melaksanakan koordinasi, pengawasan, dan pengendalian antar pelaksana Program Penanggulangan Kemiskinan dalam mensinergikan Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Muara.

“Dan untuk menghasilkan kesamaan pemahaman/persepsi seluruh pemangku kepentingan baik di Pusat, Provinsi, dan Daerah mengenai kegiatan penanggulangan kemiskinan beserta substansinya,” urai Kepala Bappeda Muara Enim Ir Mat Kasrun.

Untuk diketahui, adapun yang akan menjadi fokus Kabupaten Muara Enim dalam menangani masalah kemiskinan akan difokuskan kepada 5 Kecamatan yang diantaranya Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Lawang Kidul, serta Kecamatan Gunung Megang. Oleh karena itu kedepan para Kepala opd dihimbau untuk menyelaraskan program kerja yang ada di masing-masing opd untuk difokuskan kepada 5 Kecamatan tersebut.

Turut hadir pada kesempatan ini, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim ataupun yang mewakili, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Asisten Bidang Administrasi Umum, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim terkait, Pimpinan BUMN/BUMS, Para Camat Se-Kabupaten Muara Enim terkait, dan Ketua Lembaga / Organisasi Kemasyarakatan.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru