26.1 C
Palembang
Wednesday, 29 May 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalKetua dan Pengurus SMSI se-Indonesia Hadiri Rakernas & HUT SMSI Ke-6

Ketua dan Pengurus SMSI se-Indonesia Hadiri Rakernas & HUT SMSI Ke-6

Baca juga

JAKARTA, POJOKSUMSEL.COM – Seluruh Ketua serta pengurus SMSI Se-Indonesia menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan peringatan HUT Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ke-6 di Gedung Dewan Pers Jakarta, Senin (6/3/2023).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Ketua Umum SMSI pusat, Firdaus, menyampaikan bahwa kegiatan dihadiri oleh semua pengurus media siber Se-Indonesia.

“Rakernas adalah bagian dari proses SMSI untuk mengambil keputusan bersama, laporan ketua umum, mengambil kebijakan strategis, dan menyusun program 1 tahun,” ungkap Firdaus.

Firdaus juga mengatakan bahwa media abal-abal harus bisa dibina agar medianya menjadi lebih baik.

“Untuk mempertahankan eksistensi, kita bisa membangun ekosistem intelektual. SMSI pusat membangun lembaga konsultasi dan bantuan hukum LKBH pusat hingga kabupaten/kota. Apabila ada yang tersandung, menjadi benteng dan dapat mengedukasi jurnalis agar tidak melanggar hukum,” jelas Firdaus.

Ketua dan Pengurus SMSI se-Indonesia Hadiri Rakernas & HUT SMSI Ke-6 di Gedung Dewan Pers
Ketua dan Pengurus SMSI se-Indonesia Hadiri Rakernas & HUT SMSI Ke-6 di Gedung Dewan Pers

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan bahwa ekosistem harus membangun kualitas jurnalistik, maka dibuatlah badan siber media Indonesia dan bagaimana bergerak di dunia IT.

“SMSI tetap ada di bawah dewan pers. Setiap SMSI bertanggung jawab mencerdaskan anak bangsa, mentaati kode etik dan menciptakan jurnalis yang berkualitas. Kepada perusahaan pers, jadilah perusahaan pers yang profesional,” pintanya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan selamat ulang tahun untuk SMSI ke-6 dan Rakernas.

“SMSI merupakan anggota terbanyak dikarenakan kemerdekaan pers, mendorong demokrasi, gagasan yang dibangun didasarkan pada kehidupan media serta pers,” ungkap Ninik.

Dirinya juga mengatakan bahwa cita-cita pada undang-undang adalah kemerdekaan pers dan membangun kehidupan pers nasional yang lebih baik.

“Kita harus bersama-sama memonitor serta evaluasi agar menjadi lebih baik,” harap Ninik.

Ninik menambahkan bahwa tujuan Rakernas adalah untuk memberikan dukungan penuh agar dapat bermedia lebih baik.

“Dewan pers memberikan perlindungan kepada siapa pun, bukan hanya kepada media terdaftar saja, selama karya jurnalistiknya berkualitas,” ucap Ninik.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua SMSI Pusat Firdaus, Seluruh Ketua dan pengurus SMSI Se-Indonesia, Ketua SMSI Se-Sumsel Jon Heri, Ketua dan pengurus Kab/kota se-Sumsel serta Diskominfotiksan Lubuklinggau.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru