34.1 C
Palembang
Wednesday, 10 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimJalan Tol Indralaya - Prabumulih Tembus ke Muara Enim Siap Sambut Pemudik...

Jalan Tol Indralaya – Prabumulih Tembus ke Muara Enim Siap Sambut Pemudik Trans Sumatera

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL.COM – Proyek jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Simpang Indralaya (Ogan Ilir) – Prabumulih di Sumatera Selatan akan difungsionalkan menjelang mudik Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 2023. Saat ini, pengerjaan jalan tol Simpang Indralaya – Prabumulih sudah memasuki tahap finishing.

Menurut EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo, ruas tol yang akan mengarah ke Muara Enim akan difungsionalkan dalam beberapa pekan lagi dan akan digratiskan selama periode uji coba selama 15 hingga 30 April 2023.

“Jalan tol Indralaya – Prabumulih tidak berbayar atau gratis selama periode fungsional,” kata Tjahjo, Ahad, 2 April 2023. Menurut Tjahjo, jalan tol ruas Indraprabu ini bakal digratiskan selama masa uji coba menyambut pemudik mulai 15 April hingga 30 April 2023.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro sebelumnya menjelaskan dalam waktu dekat perusahaan akan merampungkan proyek yang termasuk dalam ruas tol tahap 1 Simpang Indralaya – Muara Enim.

Pembangunan Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer dimulai sejak Juli 2019 oleh anak usaha Hutama Karya, yaitu PT HK Infrastruktur (HKI). Ruas tol ini dilengkapi dengan sejumlah struktur dan fasilitas pendukung, termasuk 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 simpang susun, 1 rest area, dan 1 gerbang tol.

Untuk pengerjaan ruas feeder di antaranya Jalan Tol Muara Enim – Lahat – Lubuk Linggau sepanjang 111,85 km pembangunan infrastrukturnya akan dilanjutkan pada tahap 4, sesuai Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2022.

Proyek jalan tol Trans Sumatera di ruas Simpang Indralaya – Prabumulih terus dikerjakan oleh PT Hutama Karya dan anak usahanya PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dengan menerapkan inovasi penggunaan geofoam pada oprit jembatan. Penggunaan geofoam bertujuan untuk menggantikan material timbunan di belakang oprit yang berat, dan teknik ini diterapkan dengan pertimbangan matang.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru