26.1 C
Palembang
Wednesday, 17 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimLestarikan Budaya Lokal, PJ Bupati Rizali Dukung "Njale Rambang"

Lestarikan Budaya Lokal, PJ Bupati Rizali Dukung “Njale Rambang”

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mendukung penuh salah satu budaya lokal masyarakat ditepian sungai atau danau lingkup Kabupaten Muara Enim ‘Njale Rambang’ yang digelar oleh Gerakan Asli Serasan Sekundang (GASS) Kabupaten Muara Enim

Dukungan tersebut disampaikannya secara langsung saat membuka Lomba Njale Rambang dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim ke-77 di Danau Pulon Lestari Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang, Minggu pagi (19/11).

Perlombaan diikuti 78 orang atau 39 perahu kecil dari berbagai Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim khususnya masyarakat desa Lubuk Mumpo dan desa tetangga lainnya dengan ketentuan penilaian yakni timbangan ikan terberat dari campuran ikan kecil sampai ikan besar yang akan menjadi juaranya.

Warga yang Mengikuti Perlombaan Njale Rambang
Warga yang Mengikuti Perlombaan Njale Rambang.

Pj Bupati yang hadir bersama Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel HM Giri Ramanda Kiemas, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim mengatakan, selain menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77, kegiatan menjala ikan di Danau Pulon Lestari Desa Lubok Mumpo Kecamatan Gelumbang ini sekaligus menjadi hiburan yang diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim khususnya masyarakat di Desa Lubuk Mumpo dan sekitarnya.

Disamping itu, Pj Bupati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Muara Enim dari hulu sampai ke hilir Sungai Enim terutama yang berada di bantaran Danau Pulon Lestari Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Gunung Megang, yang kesehariannya mencari ikan agar dapat menjaga kelestarian ekosistem sungai yang merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia.

Dirinya berharap agar kedepan kegiatan serupa dapat digelar dan menjadi agenda rutin diseluruh desa yang ada di Kabupaten Muara Enim, pasalnya dirinya menilai kegiatan ini selain menjadi wadah silaturahmi juga menjadi wadah untuk mengembangkan potensi-potensi unggulan di tiap-tiap daerah tentunya diiringi dengan peningkatan PAD dari sektor wisata.

Diakhir rangkaian kegiatan, Pj Bupati bersama Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel, Ketua Tim Penggerak PKK dan unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim melakukan penebaran 5000 bibit ikan dan penanaman bibit pohon untuk menjaga kestabilan ekosistem alam.

Nampak hadir juga menyaksikan keseruan Njale Rambang di Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang, Asisten I, para Kepala OPD lingkup Pemkab Muara Enim, Ketua beserta Jajaran GASS dan masyarakat Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang yang antusias menyambut lomba tersebut.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru