29.1 C
Palembang
Friday, 29 March 2024
spot_img
SUMSELMuara EnimMuara Enim Dukung Sumsel Launching Aplikasi SIMATA

Muara Enim Dukung Sumsel Launching Aplikasi SIMATA

Baca juga

Jeri
Jerihttps://pojoksumsel.com
Pria ini menyukai dunia teknologi dan otomotif. Bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan. Kesehariannya banyak dihabiskan didepan laptop. IT Maintenance, menulis di kategori Teknologi dan Otomotif adalah kontribusinya di PojokSumsel.com.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Plt. Bupati Muara Enim, H.Juarsah,SH yang diwakili oleh staf ahli ahli kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta,SH menghadiri acara launching Aplikasi Sistem Informasi Satu Data Sumsel (SIMATA) sekaligus pengukuhan Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Daerah (Detikda) Prov Sumsel periode 2020-2023 oleh Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru yang bertempat di Griya Agung Palembang, Senin (23/11/3020).

Dalam sambutannya, HD sapaan akrab gubernur sumsel ini, menyampaikan selamat kepada Dewan TIK Prov Sumsel yang telah dilantik dan apresiasi gagasan brilian untuk mewujudkan aplikasi SIMATA.

“Seiring perkembangan Teknologi , kebutuhan akan komunikasi untuk mendapatkan informasi juga semakin meningkat. Dewan TIK memiliki tanggung jawab akan pemanfaatan TIK di Sumsel. Masih banyak masyarakat Sumsel yang belum menguasai teknologi. Dengan kemitraan menggandeng institusi, Perguruan Tinggi dan sekolah, menjadi tanggung jawab bersama bahwa menguasai teknologi adalah kebutuhan,bukan sekedar gengsi ” ujar HD.

Sedangkan untuk SIMATA, , berharap agar aplikasi ini dapat berguna untuk masyarakat Sumsel dalam mendapat berbagai informasi dari berbagai sektor dan melibatkan stake holder baik di Lingkungan Prov Sumsel maupun Kabupaten /Kota dan meminta agar nantinya data yang disediakan selalu up to date.

Sebelumnya Ketua Dewan TIK Nasional, Ilham Akbar Habibie yang hadir secara virtual menyampaikan paparannya mengenai tugas dan fungsi WANTIKNAS dan DETIKDA agar dapat mengambil peran masing-sesuai kewenangannya.

Kadis Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa SIMATA Sumsel, aplikasi berbasis Web dan Android adalah hasil kerjasama antara Dinas Kominfo Prov Sumsel dengan BPS Prov Sumsel yang merupakan implementasi arahan dari Gubernur Sumsel H.Herman Deru, dan juga tindak lanjut dari MOU Gubernur Sumsel bersama Kepala BPS Sumsel Tentang Satu Data Sumsel. Satu Data Sumsel dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan daerah dengan tujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah

Kepala BPS Prov Sumsel Endang Tri Wahyuningsih menjelaskan SIMATA ini adalah alat untuk mempercepat pencapaian visi misi Gubernur yakni SUMSEL maju untuk semua.
Disisi lain Plt Bupati Muara Enim H,Juarsah,SH yang diwakili staf ahli ahli kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta,SH yang turut didampingi oleh Diskominfo dan Bappeda Kabupaten Muara Enim, menyampaikan bahwa pemerintah siap untuk mendukung terwujudnya satu data sumsel ini, dan juga siap bersinergi bersama Dewan TIK provinsi dalam mendorong penggunaan teknologi informasi komunikasi khususnya di Kabupaten Muara Enim

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi,AP,M.Si yang diwakili oleh Sekretaris,Nashrul Awamy,ST,M.Si menambahkan bahwa Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Muara Enim telah memiliki aplikasi serupa yang diberi tajuk SISTER (Sistem Informasi Statistik Sektoral Terintegrasi) yang telah dimulai sejak tahun 2019 yang lalu, ke depan terkait launching Aplikasi Sistem Informasi Satu Data Sumsel (SIMATA) hari ini, Diskominfo Muara Enim akan segera berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Prov Sumsel agar aplikasi SISTER ini dapat terintegrasi untuk mendukung aplikasi SIMATA

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Prov Sumsel Muchendi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H.Akhmad Najib, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir. Yohannes H. Toruan, M.Sc, Para Kepala OPD Prov Sumsel,Kepala OPD Bappeda/Kominfo,Kepala BPS Kabupaten/Kota se Prov Sumsel.(ril;)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru