30.1 C
Palembang
Wednesday, 19 January 2022
spot_img
NewsBisnisPama Gandeng FPPA Peduli ODGJ

Pama Gandeng FPPA Peduli ODGJ

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – PT Pamapersada Nusantara (pama) gandeng Forum Peduli Perempuan dan Anak (FPPA) bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam upaya mengatasi masalah sosial. Khususnya dalam mengentaskan, serta melindungi Orang Dalam Ganguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Bumi Serasan Sekundang. Hingga sekarang, sudah sebanyak 27 orang dengan gangguan jiwa mendapat perawatan di Yayasan Mutiara Tanjung Enim serta mendapat bantuan dari perusahaan kontraktor PT Bukit Asam (PTBA) tersebut.

“Kami dari PT Pamapersada Nusantara telah melakukan kerjasama atau MOU dengan Yayasan Mutiara sejak satu setengah tahun yang lalu. Di mulai belum ada pasien sama sekali sampai sekarang jumlahnya puluhan dan sudah ada yang pulang juga karena telah sehat. Kami selalu berkomitmen mendukung penanganan ODGJ yang ada di Kabupaten Muara Enim,”terang Joko Budi Santoso, Koordinator CSR PT Pamaperada Nusantara, Job Site MTBU Tanjung Enim di sela mendampingi kunjungan pengurus TP PKK Kabupaten Muara Enim di Yayasan Mutiara Tanjung Enim, Kamis (30/12/2021).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Hj Renny Devi Nasrun bersama pengurus memberikan bingkisan, serta motivasi kepada pengurus Yayasan Mutiara, Forum Peduli Anak dan Perempuan, mengapresiasi atas kepeduliannya dalam penanganan ODGJ membantu pemerintah daerah dalam mengatasi masalah sosial.

“ODGJ perlu diajarkan keterampilan, tetapi yang paling penting ODGJ harus aktif diajak berkomunikasi, dan juga harus memperhatikan fasilitas untuk ODGJ”, ujar Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim saat setelah melakukan pembagian bingkisan kepada pasien.

Dijelaskan, kegiatan ini dalam rangka kunjungan ke TP PKK Kecamatan Lawang Kidul untuk pembinaan, serta panen ikan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) di balai Desa Tegal Rejo. Di tempat itu, Renny Nasrun memberikan arahan agar desa dapat memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan KWT dan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar dapat membentuk usaha baru yang dapat menghasilkan penghasilan untuk masyarakat desa. Juga memberikan arahan tentang Pola Asuh Anak dan Remaja, Stunting dan IVA Test.

“Dikarenakan TP PKK Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul sudah berhasil mendapatkan juara Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, harapannya agar kegiatannya dilanjutkan dan selalu ditingkatkan pembinaannya,”imbuhnya.

Ketua Yayasan Mutiara Tanjung Enim, Rita Ratnawati Noengtjik menerangakan, dalam kegiatannya, pihaknya mendapatkan dukungan banyak pihak, diantaranya, Pemkab Muara Enim, Camat Lawang Kidul, PT Pama, PTBA, PT SBS, serta perusahaan lain, dan donator yang tidak mengikat. Ada sekitar 27 pasien yang ada di tempat tersebut, dan 22 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, ada juga yang sudah di kembalikan kepada keluarganya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pendampingan, dan bantuannya kepada semua pihak, Pemkab Muara Eni, PKK, PAMA, PTBA, dan perusahaan yang sudah peduli bersama FPPA, dan Yayasan Mutiara dalam memuliakan manusia khsusnya Orang Dalam Gangguan Jiwa,”kata Rita.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru