25.1 C
Palembang
Saturday, 20 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimGubernur Sumsel Optimistis Angkat Potensi Semende ke Tingkat Nasional

Gubernur Sumsel Optimistis Angkat Potensi Semende ke Tingkat Nasional

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru mengaku optimistis mampu mengangkat kembali potensi Semende sebagai daerah penghasil pertanian dan perekebunan ke tingkat nasional.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel saat membuka kegiatan Bina Desa Nasional 2022 yang diselenggarakan Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Indonesia (IBEMPI) di Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim,  Senin (25/07).

Gubernur Sumsel yang didampingi Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim, Kurniawan, .AP., M.Si. meyakini ajang yang diikuti 67 perguruan tinggi se-Indonesia ini dapat berkontribusi dalam mengentaskan potensi alam Bumi Tunggu Tubang Semende di kancah nasional.

Gubernur Sumsel menekankan, ajang Bina Desa Nasional harus dimanfaatkan sebagai media transfer ilmu antara mahasiswa dengan masyarakat, khususnya para petani di Desa Segamit. “Hadirnya para mahasiswa dapat memberikan pemahaman teknologi pertanian guna mengoptimalkan produktivitas hasil panen unggulan Desa Segamit, seperti padi, kopi, markisa dan stroberi,” kata Herman Deru.

Sementara Pj. Bupati Muara Enim menegaskan komitmennya untuk mendukung Gerakan Sumatera Selatan Mandiri Pangan yang bermuara pada Sumsel sebagai Lumbung Pangan dan Food Estate Nasional dengan menyediakan lahan pertanian berkelanjutan seluas 16.512 hektar.

“Hal ini diwujudkan dengan program strategis pertanian di Kabupaten Muara Enim, salah satunya pengembangan Kawasan Agropolitan Semende dan Tanjung Agung,” ujar Kurniawan.

Pembukaan Bina Desa Nasional 2022 ini turut dihadiri ratusan mahasiswa serta perwakilan Rektorat dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya selaku panitia Bina Desa Nasional 2022.

Kehadiran Gubernur dan Pj.Bupati di Desa Segamit disambut seni bela diri Kuntau serta kesenian Gurindam. Pada kesempatan itu, Gubernur dan Pj. Bupati bersama Forkompimda juga melaksanakan panen raya padi dan kopi di Desa Segamit.

 

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru