24.2 C
Palembang
Tuesday, 25 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPotensi Semende Mampu Tingkatkan Sumsel sebagai Lumbung Energi Nasional

Potensi Semende Mampu Tingkatkan Sumsel sebagai Lumbung Energi Nasional

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Kawasan Semende memiliki potensi cadangan panas bumi yang besar sehingga diharapkan mampu mendukung program percepatan pembangunan pembangkit listrik di Indonesia. Potensi ini mampu meningkatkan peran Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai Lumbung Energi Nasional.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim, Kurniawan, A.P., M.Si. saat mendampingi Gubernur Sumsel, H. Herman Deru melakukan kunjungan perdana ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap di Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu yang dikelola PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD).

Pj. Bupati Muara Enim mengatakan, dengan mengusung energi baru terbarukan yang bebas karbon emisi, kehadiran PLTP Rantau Dedap sebagai sumber energi listrik masa depan sangat mendapat apresiasi yang tinggi. “Khususnya sebagai pemasok energi terbarukan dalam mewujudkan ketahanan energi bangsa yang berkelanjutan,” ujar Kurniawan.

Dirinya menjelaskan, bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Gubernur Sumsel ke PLTP Rantau Dedap guna meninjau secara langsung operasional dan produksi PLTP yang baru beroperasi secara komersil sekitar satu tahun terakhir ini.

Sementara Gubernur Sumsel mengucapkan selamat atas telah beroperasinya PLTP Rantau Dedap berkapasitas tahap I sebesar 91,2 megawatt ini. “Semoga dengan energi panas bumi yang ada di Kabupaten Muara Enim ini dapat memberikan kontribusi bagi ketersediaan energi listrik nasional, atau paling tidak kawasan regional Sumatera bagian selatan dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat sekitar,” harap Herman Deru.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru