29.1 C
Palembang
Sunday, 23 June 2024
spot_img
spot_img
Kesehatan5 Minuman Sehat Ini Bantu Mencegah Demam Berdarah

5 Minuman Sehat Ini Bantu Mencegah Demam Berdarah

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL.COM – Dimusim penghujan ini, kasus demam berdarah terus bertambah. Sebagai bentuk pencegahan DBD, ada lima minuman yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Langkah pencegahan ini diperlukan untuk menghindari demam berdarah dengue (DBD), dan jangan menunggu sampai terjangkit DBD, baru diobati.

Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terkena serangan DBD, caranya sangat praktis, karena cukup dengan lima minuman segar yang mudah didapatkan.

Ada air jeruk, susu, jus buah dan sayuran, isotonik dan air kelapa yang bisa diminum secara rutin agar terhindar dari demam berdarah.

1. Air Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk membantu meningkatkan zat antibodi yang memperkuat sistem imun tubuh. Jeruk dapat membantu proses pemulihan pasien demam berdarah dengan cepat.

Siapkan jeruk segar, peras airnya dan tambahkan air hangat, dan jika membutuhkan pemanis bisa menggunakan madu secukupnya. Air jeruk ini aman dikonsumsi setiap hari.

Air Kelapa - Foto by iStockphoto
Air Kelapa – Foto by iStockphoto
2. Air Kelapa

Virus yang diantarkan oleh nyamuk aedes aegypti akan mudah menyerang orang yang mengalami dehidrasi. Karena dalam kondisi ini, tubuh akan rentan terserang penyakit.

Air kelapa yang mengandung elektrolit alami dan mineral ini mampu menghidrasi tubuh dengan cepat. Air kelapa aman diminum setiap hari bahkan di pagi dan sore hari, dan biasakan minum air kelapa tanpa campuran apapun.

3. Jus Buah dan sayuran

Mengkonsumsi pisang, jeruk, kiwi dan alpukat yang mengandung elektrolit alami, selain itu buah tersebut mengandung kalium dan pottasium yang tinggi.

Mengkonsumsi Jus sayuran seperti tomat, sawi, mentimun dan wortel ternyata tidak kalah penting, hal ini karena sayuran banyak mengandung sodium.

Para ahli mengatakan bahwa jus sayuran dan buah mampu menjadi media untuk mempercepat penyembuhan pasien demam berdarah. Jus buah dan sayuran ini dapat dikonsumsi sebagai menu sarapan atau minuman di sela waktu santai.

Susu - Foto by halodoc
Susu – Foto by halodoc
4. Susu

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa susu bisa menjadi minuman untuk meringankan gejala DBD.

Kandungan yang terdapat dalam susu murni adalah elektrolit natrium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan zinc. Semua nutrisi ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Cairan isotonik

Minuman isotonik ini biasanya digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati demam berdarah. Dengan kandungan natrium dalam jumlah tinggi pada minuman isotonik mampu menghidrasi tubuh dengan cepat.

Cairan ini dimanfaatkan sebagai minuman untuk orang yang mengalami dehidrasi. Meskipun demikian tetaplah bijak dalam mengonsumsi cairan isotonik ini.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru