30.1 C
Palembang
Saturday, 8 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPemkab Muara Enim Ajak PLN Lestarikan RTH Kawasan Kota Muara Enim

Pemkab Muara Enim Ajak PLN Lestarikan RTH Kawasan Kota Muara Enim

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL.COM – Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H. Riswandar memimpin rapat ijin tebang tanam tumbuh disekitar jaringan PLN ULP (Unit Layanan Pelanggan) Muara Enim bersama Manajer PLN ULP Muara Enim di Ruang Rapat Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim, Rabu (15/03).

Pada prinsipnya Pemkab. Muara Enim mendukung penuh segala aktifitas yang dilakukan oleh PLN ULP Muara Enim seperti halnya perawatan jaringan PLN yang bersentuhan dengan ranting pohon. Namun tidak diperbolehkan untuk menebang tapi silahkan untuk memangkas ujung-ujung ranting pohon saja (dirapikan) mengingat pohon-pohon yang ada di Kawasan Kota Muara Enim merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sudah terdaftar dan dievaluasi setiap tahun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), ucap Pj Sekda.

“Perawatan silahkan, tapi kalau untuk menebang pohon tidak kami izinkan, yang kami izinkan hanya memangkas ujung-ujung ranting pohon saja dengan tidak menghilangkan keindahan pohon tersebut karena selain pohon-pohon tersebut terdaftar di KLHK RI juga untuk keasrian Kota Muara Enim dan kesehatan kita semua,” kata Pj Sekda.

Disamping itu, Pj Sekda sangat mengharapkan koordinasi yang baik dari PLN apalagi terkait keamanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat.

“Kami siap mendukung kelancaran aktifitas PLN dalam perawatan jaringan ataupun aktifitas lainnya terutama yang menyangkut keselamatan masyarakat. Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Perumahan dan Pemukiman semuanya siap untuk membantu dengan syarat koordinasi terlebih dahulu karena akan lebih efektif jika dilakukan bersama-sama,” ujarnya.

“Mari bersama-sama kita merawat, menjaga, dan melestarikan pohon-pohon yang merupakan bagian dari RTH di Kawasan Kota Muara Enim sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan dari para pendahulu kita,” ajak Pj Sekda.

Sementara itu, Manajer PLN ULP Muara Enim Irfan Maulana mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemkab. Muara Enim dalam menunjang aktifitas PLN ULP Muara Enim, dalam kesempatan kali ini perawatan jaringan PLN di Kawasan Kota Muara Enim.

Rapat ijin tebang tanam tumbuh disekitar jaringan PLN ULP (Unit Layanan Pelanggan) Muara Enim

Dirinya meyakinkan pihak PLN Muara Enim tidak akan menebang pohon hanya memangkas merapikan sesuai arahan dari Bupati Muara Enim melalui Pj Sekda tadi karena pohon-pohon atau RTH merupakan bagian penting dalam keberlangsungan kehidupan umat manusia.

“Terkait perawatan jaringan listrik ini tentu kami akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemkab. Muara Enim baik itu terkait izin, keamanan, sampai sarana pendukung kegiatan mengingat titik-titik lokasi perawatan tersebut bersinggungan langsung dengan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir diantaranya, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Perumahan dan Pemukiman, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, Kabag Pembangunan, dan staf PLN ULP Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru