25.1 C
Palembang
Saturday, 26 November 2022
spot_img
PTBAInstitusi Pendidikan Vokasi Ini Tawarkan Kuliah Gratis Sampai Lulus

Institusi Pendidikan Vokasi Ini Tawarkan Kuliah Gratis Sampai Lulus

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Masih galau mau melanjutkan pendidikan setelah SMA? Nah, ada satu institusi pendidikan yang membuka kesempatan untuk berkuliah gratis, tidak lama dan cepat dapat kerja. Di manakah itu?

Ini dia! Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2022/2023. Masa pendaftaran untuk Maba AKIPBA dibuka 25 Agustus hingga 4 September 2022. Nantinya, para calon Maba yang berhasil lulus seleksi akan mendapat beasiswa penuh berkuliah sampai lulus.

Persyaratan umum untuk calon mahasiswa baru yang berminat untuk mendaftar AKIPBA, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, 2021, 2022 (Terakreditasi A)
  3. Berkelakuan baik, sehat jasmani dan rohani, serta tidak buta warna
  4. Belum menikah
  5. Khusus untuk program studi (prodi) Pengoperasian Alat Tambang calon Maba harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan berumur minimal 18 tahun (per 1 September 2022).

AKIPBA mensyaratkan proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu Seleksi Administrasi, Tes Online (Akademik dan Sikolastik), Tes Psikotes, Tes Wawancara, Visitasi, dan Tes Kesehatan.

Calon Maba yang memiliki cita-cita berkarir di dunia tambang dan menimba ilmu di AKIPBA dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website http://pmb2022.akipba.ac.id/. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website http://akipba.ac.id/

AKIPBA didirikan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), PT Antam Tbk (ANTM) yang tergabung dalam Holding Industri Pertambangan MIND ID. Perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba) ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Terdapat 3 program studi (Diploma 1) di AKIPBA, yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT).

Program studi Teknik Pengoperasian Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pengoperasian Mesin dan Peralatan Pertambangan.

Sedangkan program studi Teknik Perawatan Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pemeliharaan Alat Tambang yang meminiki kompetensi dalam bidang pemeliharaan alat tambang.

Adapun program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara menyiapkan lulusannya sebagai Operator Mesin Pengolahan Hasil Tambang.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru