26.1 C
Palembang
Tuesday, 16 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimResmi Dikukuhkan, Pujasuma Diharapkan dapat Dukung Zero Konflik di Muara Enim

Resmi Dikukuhkan, Pujasuma Diharapkan dapat Dukung Zero Konflik di Muara Enim

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim hadiri Pelantikan serta Pengukuhan Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma) Wali Kecamatan dan Wali Desa se-Kabupaten Muara Enim yang diambil kata pelantikan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Minggu (18/12) di Pasar Rakyat Desa Karang Endah Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

Dalam sambutanya, Gubernur Sumsel mengatakan Pujasuma sendiri merupakan suatu pertahanan budaya yang mana tugas pokok dan fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaga kelestarian dari pada suatu budaya ditengah-tengah gempuran perkembangan zaman yang kian hari kian memaksa setiap individu untuk ikut dalam perkembangannya dan lambat laun melupakan suatu budaya.

Sambutan Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam Acara Pengukuhan Pujasuma
Sambutan Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam Acara Pengukuhan Pujasuma.

Lebih lanjut dirinya yang hadir bersama Ketua ICSB Prov. Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru, mengatakan bahwa populasi masyarakat jawa di Provinsi Sumatera Selatan sendiri berkisar 40(empat puluh) Persen dari total keseluruhan populasi masyarakat di Kabupaten / Kota se-Sumatera Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan dimilikinya Talang Jawa di setiap Kabupaten / Kota yang ada di Prov. Sumsel.

Pelantikan serta Pengukuhan Pujasuma oleh Gubernur Sumsel
Pelantikan serta Pengukuhan Pujasuma oleh Gubernur Sumsel.

“Untuk itu saya tekankan kepada para kepengurusan Pujasuma di Kabupaten Muara Enim khususnya untuk bahu-membahu mewujudkan Sumatera Selatan Zero Konflik mulai ditingkat Desa, Kecamatan di Kabupaten Muara Enim,” tegas HD

Senada dengan apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Sumsel, Pj Bupati selaku Dewan Pembina Pujakusuma Kabupaten Muara Enim berharap keberadaan Pujasuma yang baru saja dikukuhkan ini selain sebagai suatu wadah untuk melestarikan suatu budaya khususnya budaya khas dari Jawa juga sebagai wadah untuk menjaga kerukunan antar suku, ras dan umat beragama di Bumi Serasan Sekundang.

Sambutan PJ Bupati Kurniawan dalam Acara Pengukuhan Pujasuma
Sambutan PJ Bupati Kurniawan dalam Acara Pengukuhan Pujasuma.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Kurniawan juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel atas diraihnya penghargaan ‘Govenor of The Year 2022’ dari Metro TV sebagai kepala daerah yang dinilai sukses meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui program unggulan Sumsel Mandiri Pangan sehingga tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi semata, namun juga berhasil menurunkan angka kemiskinan.

Nampak hadir saat Pelantikan Pujasuma Wali Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Muara Enim siang itu Asisten I Pemerintahan dan Kesra, para Kepala OPD lingkup Pemkab. Muara Enim, Kabag Kesra, serta Camat Gelumbang.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru