24.1 C
Palembang
Sunday, 27 November 2022
spot_img
KesehatanJangan Remehkan, Tauge Ternyata Mampu Cegah Hepatitis Akut Misterius

Jangan Remehkan, Tauge Ternyata Mampu Cegah Hepatitis Akut Misterius

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.comTauge (kecambah kacang hijau) bentuknya boleh jadi kecil-kecil. Tapi jangan pandang remeh tauge, karena dengan mengonsumsi si kecil ini bisa mencegah kita dari ancaman Hepatitis Akut Misterius. How come? Simpan dulu rasa penasarannya.

Tauge merupakan satu dari sekian banyak sayuran yang sangat mudah ditemukan di pasar dengan harga yang relatif murah.

Beberapa menu kuliner tanpa kehadiran tauge sudah dipastikan akan terasa hambar. Sebut saja satu menu kuliner khas Kota Bogor, Toge Goreng. Atau laksa, gado-gado, tumis toge, tahu isi, bakwan dan soto ayam Lamongan, pasti menjadikan tauge sebagai ingredien wajib.

Tauge pun sangat mudah ditanam. Cukup dengan menyiapkan kacang hijau, kapas basah dan wadahnya, kita dapat memanen tauge sendiri di rumah. Dalam budi daya yang praktis, kita bisa menghemat pengeluaran belanja tauge harian.

Tauge sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu yang paling populer adalah bisa membantu meningkatkan vitalitas pada pria. Kira-kira apalagi manfaat lain dari tauge? Lantas, bagaimana tauge bisa menjadi salah satu pencegah ancaman Hepatitis Akut Misterius? Berikut PojokSumsel.com merangkumnya dari berbagai sumber.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Tauge sumber lesitin yang sangat baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan lemak hati yang merupakan penyebab terjadinya penyakit liver. Jadi, tauge sangat layak dikonsumsi para penderita penyakit hepatitis, apalagi saat sekarang ini sedang santer-santernya penyakit Hepatitis Akut Misterius.

  1. Menurunkan risiko kanker

Vitamin E yang dimiliki tauge berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini membantu mencegah radikal bebas penyebab penyakit kanker, seperti kanker payudara. Agar hasilnya maksimal, konsumsi tauge secara rutin.

  1. Membantu melancarkan datang bulan

Selain dapat mencegah radikal bebas, antioksi dan tauge juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Maka dari itu, tauge pun membuat siklus menstruasi menjadi teratur.

  1. Merawat kulit

Tauge dapat membantu merawat kesehatan kulit dari dalam. Kandungan vitamin E yang tinggi pada tauge lah yang bermanfaat untuk kulit. Rutin mengonsumsi tauge dapat membuat kulit lebih sehat, halus, kenyal, dan lembab secara alami.

  1. Merawat kuku dan rambut

Vitamin E tauge juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kuku dan rambut lho. Untuk masalah rambut seperti rontok dan rapuh, tauge mampu membuat rambut lebih kuat. Sama halnya dengan kuku, tauge pun akan membantu kuku supaya tidak mudah rapuh dan patah.

  1. Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, tauge dapat membantu mengontrol gula darah. Kandungan antioksidan sulforaphane yang dimiliki oleh tauge dapat membantu kadar insulin menjadi lebih normal, sehingga dapat mencegah munculnya komplikasi. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya penderita diabetes juga dapat melakukan olahraga secara rutin.

  1. Melancarkan pencernaan

Tauge mengandung enzim dan serat yang dapat membantu tubuh mencerna makanan lebih mudah. Kedua kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme, serta meningkatkan penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan.

  1. Membuat jantung lebih sehat

Kadar kolesterol darah yang tinggi dapat memicu penyakit jantung. Nah, dengan mengonsumsi tauge, kamu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebab, tauge dapat secara efektif meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat pada tubuh.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Tubuh membutuhkan berbagai vitamin agar kebal dan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Tauge dapat menyediakan kandungan vitamin C dan A untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Tauge bisa menguatkan stimulan bagi sel darah putih, sehingga bisa melawan berbagai infeksi dan penyakit.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Tauge terkenal sebagai sayuran yang rendah kalori dan tinggi nutrisi, termasuk serat. Kandungan serat yang cukup tinggi dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, usaha untuk menurunkan berat badan pun akan semakin optimal jika mengonsumsi tauge secara rutin.

  1. Membuat mata sehat

Siapa sih yang tidak tahu dengan manfaat vitamin A untuk kesehatan mata? Nah, tauge ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi lho. Di samping itu, antioksidannya juga bisa melindungi sel-sel mata dari radikal bebas. Tak hanya itu, lutein dan zeaxanthin pada tauge juga dapat menurunkan degenerasi makula terkait usia

  1. Mengobati Anemia

Tauge kaya akan zat besi yang berfungsi sebagai peran utama dalam sintesis hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari usus, sehingga membantu mencegah dan mengobati anemia akibat dari kekurangan zat besi.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru